Pembagian Daerah Waktu di Indonesia


Mata Pelajaran                    :  Ilmu Pengetahua sosial (IPS)
Kelas                                    :  V
Semester                             :  1
Standar Kompetensi           :  
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
Kompetensi Dasar:
Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya

Masih ingatkan kalian, dimana letak Indonesia berdasarkan garis bujur? Indonesia terletak antara 95° BT sampai 141°BT.
Selain mempermudah kita dalam menggambarkan letak Indonesia di permukaan bumi, garis bujur atau longitude juga digunakan sebagai patokan dalam menentukan daerah waktu. 
Pembagian Daerah Waktu di Indonesia dan dunia


Tahukah kalian, terjadinya siang dan malam adalah pengaruh dari gerak rotasi bumi. Bagian bumi yang sedang menghadap matahari akan mengalami siang hari, sedang yang membelakangi matahari akan mengalami malam. 

Karena bumi kita berbentuk  bulat pepat, suatu titik di bumi akan berada di posisi semula setelah berotasi 360°, dan karena dalam sehari semalam dibagi menjadi 24 jam, maka di bumi terdapat 24 daerah waktu yang berbeda. Setiap 15° terjadi perbedaan waktu satu jam . Mengapa?   360: 24 = 15 bukan?
Indonesia terletak antara 95° BT sampai 141° BT, karena itu, terdapat tiga daerah waktu di Indonesia. Wilayah Indonesia mempunyai tiga daerah waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). 

Untuk memudahkan kita, pembagian daerah waktu tidak murni hanya berdasarkan garis bujur tapi juga disesuaikan dengan pembagian daerah propinsi yang ada. Daerah mana saja yang termasuk dalam WIB, WITA, dan WIT?

  • Daerah Waktu Indonesia Barat (WIB). Waktu Indonesia Bahgian Barat berdasarkan meridian pangkal 105º BT, meliputi keseluruhan Provinsi di pulau Sumatera, seluruh Provinsi di pulau Jawa, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah (wilayah Waktu Indonesia Barat mempunyai selisih waktu 7 jam lebih awal dari meridian utama atau waktu Greenwich).
  • Daerah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Berdasarkan meridian pangkal 120º BT, meliputi Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan seluruh Provinsi di Sulawesi (wilayah Waktu Indonesia Tengah mempunyai selisih waktu 8 jam lebih awal daripada Greenwich).
  • Daerah Waktu Indonesia Timur (WIT). Waktu Indonesia Bahagian Timur berdasarkan meridian pangkal 135º BT, meliputi seluruh provinsi di Irian Jaya (Papua), Maluku, dan Maluku Utara (wilayah Waktu Indonesia Timur mempunyai selisih waktu 9 jam lebih awal daripada waktu Greenwich).

Peta pembagian waktu di Indonesia

Maka sekarang kamu dapat menghitung perbedaan waktu di Indonesia. Apabila di daerah WIT pukul 07.00, maka di daerah WITA pukul 06.00, dan di daerah WIB pukul 05.00. Apabila di daerah WIT matahari pagi sudah tinggi, maka di daerah WIB, matahari baru akan muncul.
Sekarang coba kita melihat perbedaan waktu pada dua tempat di bawah  ini. Tita yang tinggal di Papua sedang belajar di sekolah pada pukul 08.00 pagi. Sedangkan Ikhwan di Yogyakarta sedang mandi. 

Jam berapa Ikhwan saat mandi tersebut? Caranya adalah dengan melihat perbedaan waktu yang telah dicantumkan di atas. Yogyakarta termasuk ke dalam pulau Jawa. sehingga tempat tinggal Ikhwan masuk Waktu Indonesia Barat. 

Waktu Indonesia Barat dengan Waktu Indonesia Timur lebih awal 2 jam. Dengan demikian waktu mandi Ikhwan adalah waktu belajar Tita dikurangi 2 jam. Jadi Ikhwan mandi pada pukul 06.00 WIB, sedangkan Ani belajar pada pukul 08.00 WIT.

Coba tes ingatan kalian!
  1. Pembagian daerah waktu ditentukan berdasarkan ....
  2. Wilayah Indonesia dibagi dalam ... daerah waktu, yakni ....
  3. Waktu Indonesia Barat meliputi propinsi ....
  4. Waktu Indonesia Tengah meliputi propinsi ....
  5. Waktu Indonesia Timur meliputi propinsi ....
  6. Waktu Indoneia Barat didasarkan pada meridian pangkal ... BT
  7. Waktu Indonesia Timur memiliki perbedaan waktu ... jam dengan waktu Indonesia Tengah
  8. Waktu Indonesia Tengah berbeda ... jam lebih awal dengan meridian utama.
  9. Meridian Utama terletak di kota ....
  10. Jika di Medan pukul 9 pagi, pukul waktu di NTT  menunjukkan pukul ....
 Kunci Jawaban

Referensi:
  1. http://www.bmg.go.id
  2. http://id.wikipedia.org
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial 5 : Untuk Sekola h D a s a r & Madrasah Ibtidaiyah Kelas 5, Penyusun Rusmawan, Sri Wahyuni, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

12 komentar