Operasi Hitung Pecahan Campuran

Pecahan campuran adalah bentuk pecahan yang nilainya lebih besar daripada 1 (satu), dan penulisannya  dengan cara menggabungkan/mencampurkan antara bilangan asli/bilangan bulat dengan pecahan dengan pecahan biasa. 

Bentuk pecahan campuran

Merubah Pecahan Campuran Menjadi Bentuk Pecahan Biasa
Pada operasi hitung, akan lebih mudah jika sebelum menghitung dengan pecahan campuran, kita rubah pecahan campuran tersebut ke dalam bentuk pecahan biasa dahulu.
Apakah kalian sudah tahu cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa? Mari kita ingat kembali. Mari kita ambil contoh di atas, yakni bilangan 1 3/4. Kita bisa merubah pecahan campuran di atas menjadi pecahan biasa dengan merubah bilangan bulat yang ada menjadi bentuk pecahan. Karena pecahan yang ada berpenyebut 4(perempatan), maka angka "1" juga kita rubah menjadi perempatan:


Contoh lain:

Jika kamu amati, ada alan pintas untuk merubah pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa. Dapatkah kamu menemukannya?


Kita dapat merubah pecahan capuran menjadi pecahan biasa dengan cara:

Penyebut X Bilangan bulat + Pembilang

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran
Dalam menjumlahkan pecahan campuran, akan memudahkan kita jika bentuk pecahan campran kita ubah dulu menjadi pecahan biasa, setelah itu baru kita jumlahkan seperti penjumlahan pada pecahan biasa, yaitu dengan terlebih dahulu menyamakan penyebut, baru kemudian kita jumlahkan/ kurangkan pembilangnya saja.
Agar lebuh jelas simak cara menjumlahkan dan mengrangkan pecahan campuran pada video di bawah ini


Pengurangan Pecahan Campuran

Perkalian dan Pembagian Pecahan Campuran
Bila bentuk pecahan sudah kita ubah barulah kita bisa mengalikan/membagi pecahan campuran. Cara mengalikan pecahan campuran dapat kamu simak pada video di bawah ini:






1 komentar: