JIKA ADA PERTANYAAN SEPUTAR KONTEN DALAM BLOG INI, SILAHKAN INBOX FB SAYA SAJA KARENA SAYA SERING TIDAK SEMPAT MEMBACA KOMENTAR FACEBOOK DI TIAP POSTING

Senin, 16 Mei 2011

Menanggapi Penjelasan Nara Sumber

Menanggapi penjelasan tidak boleh menyimpang dari pokok pikiran. Tanggapan yang berupa sanggahan atau pendapat sebaiknya disertai alasan yang masuk akal (logis). Berdasarkan penjelasan Paman Danu di atas, kita dapat memberikan tanggapan seperti berikut.
a. Tanggapan berupa pertanyaan
Contoh:
Di dataran tinggi atau pegunungan susah untuk melakukan pengairan. Bagaimana caranya agar masyarakat di sana dapat menanam padi?

b. Tanggapan berupa saran
Contoh:
Sebaiknya petani di sini juga menanam sayuran meskipun musim penghujan, karena tidak semua sawah tergenang air. Sawah yang tidak tergenang air itu tentu bagus ditanami sayuran.

c. Tanggapan berupa pendapat atau pandangan
Contoh:
Menurut pendapat saya, padi juga dapat ditanam pada musim kemarau. Yang penting bukan musimnya, melainkan pengairannya. Meskipun pada musim kemarau, jika pengairannya bagus, padi dapat tumbuh subur.

Sebelum memberikan tanggapan, kamu harus memahami permasalahannya. Sebaiknya, tanggapan yang kamu berikan berupa saran disertai pemecahannya. Jangan lupa, gunakan bahasa yang santun dan pilihan kata yang tepat!

Sumber :
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas V/ Oleh H. Suyatno dkk

2 komentar:

  1. lagi-lagi saya mampir. Maaf bu soalnya di sini betah hehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Saya senang sekalikalo Anda sering mampir di sini.Heheh

    BalasHapus

MESIN PENCARI